Adakah Cemilan Sehat untuk Calon Ibu atau Wanita Hamil?

Bagi pasangan suami istri, kehamilan seorang istri adalah hal yang sangat ditunggu tunggu. Ada pasangan yang langsung diberikan kehamilan di awal pernikahan mereka, ada juga yang baru dianugerahkan kehamilan setelah beberapa tahun bahkan puluhan tahun. Bahkan ada juga pasangan suami istri yang tidak dianugerahkan kehamilan sekalipun sampai maut memisahkan mereka.

adakah-cemilan-sehat-untuk-calon-ibu-atau-wanita-hamil.jpg

Selama hamil, seorang calon ibu harus memperhatikan makanan atau asupan yang dimakan sehari-hari. Hal ini karena akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam perut calon ibu. Banyak jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dimakan selama calon ibu hamil. Tetapi tidak semua makanan dan minuman tersebut bagus dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan sering.

Selain makanan dan minuman, perlu juga diketahui cemilan sehat untuk ibu hamil, karena biasanya di tiga bulan pertama kehamilan, beberapa calon ibu cenderung suka ngemil.

Cemilan sehat untuk ibu hamil adalah cemilan yang tidak berpotensi menimbulkan masalah serta memiliki nilai gizi yang baik supaya menunjang pertumbuhan janin yang dikandungnya.

Berikut beberapa pilihan cemilan sehat untuk ibu hamil.

  1. Salad sayur atau salad buah
    Kandungan yang terdapat pada salad sayur atau salad buah terdiri dari berbagai jenis vitamin dan mineral. Selain itu, salad sayur atau salad buah ini juga sangat kaya serat, sehingga mampu mengatasi masalah pencernaan yang sering muncul selama kehamilan. Pengolahan salad sayur atau salad buah ini harus memperhatikan kebersihan dan bebas dari bahan kimia berbahaya selama prosesnya.
  2. Puding coklat
    Benar, puding coklat termasuk cemilan yang sehat untuk ibu hamil. Kandungan yang terdapat dalam puding coklat, kombinasi susu yang rendah lemak serta zat theobromine dari coklat, dapat mengurangi gejala ibu hamil yang sering terkena morning sickness.
  3. Kacang mete
    Protein yang terkandung di dalam kacang mete merupakan protein yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan jaringan tubuh janin. Kacang mete juga kaya omega 3 dan DHA, sehingga membantu pertumbuhan sistem syarat dan kecerdasan bayi selagi masih dalam kandungan. Selain kandungannya tadi, cemilan ini juga nikmat dikonsumsi karena memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah.
  4. Ubi manis
    Betakaroten di dalam ubi manis berguna untuk pembentukan vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah janin lahir prematur. Selain itu, ubi manis membantu ibu hamil mengurangi rasa mual.
  5. Ikan salmon
    Ikan salmon sudah dikenal bagus untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung Omega 3, DHA dan sumber protein dan vitamin lainnya. Ikan salmon juga membantu menormalkan tekanan darah sehingga mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan kelebihan kolesterol. Pastikan memasak ikan salmon sampai benar-benar matang, agar kandungan parasit dan bakteri berbahaya yang mungkin terkandung di dalam hilang.
  6. Kurma
    Kandungan nutrisi di dalam kurma mampu memulihkan energi yang terkurang selama ibu hamil melakukan aktivitas harian.
  7. Bubur kacang hijau
    Kaya akan kandunga protein, bubur kacang hijau sangat baik dikonsumsi ibu hamil sebagai cemilan. Kandungan karbohidrat yang tinggi membuat bubur kacang hijau bisa menggantikan asupan nasi sehari-hari.

Demikian sebagian cemilan sehat untuk ibu hamil, dirangkum dari berbagai sumber.

paling banyak dicari:

  • catatan bahagia calon ibu (1)
  • cemilan utk ibu hamil 6&7minggu (1)

Tinggalkan Balasan