Cara Efektif Mengatasi Flu yang Menyerang Kita

Influensa atau lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae (virus influensa), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum (definisi dari wikipedia bahasa Indonesia).

cara-efektif-mengatasi-flu-yang-menyerang-kita.jpg

Flu biasanya ditularkan melalui udara, bisa karena bersin atau batuk. Meskipun begitu, flu juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ingus atau kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi. Flu dapat menimbulkan mual dan muntah, terutama pada anak-anak.

Gejala umum yang dialami oleh orang terkena flu antara lain batuk kering, nyeri pada otot sendi, demam, hidung basah, sakit kepala, dan sakit pada tenggorokan. Tetapi, tidak semua orang dengan gejala seperti disebutkan di atas pasti terkena flu.

Beberapa cara mencegah flu supaya tidak menyerang kita antara lain.

  • Banyak minum air putih
    Dalam sehari, minimal minum air putih sebanyak 8 gelas. Salah satu manfaat minum air putih adalah membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Dengan meminum air putih, menjaga agar tenggorokan kita bersih dari kuman yang menyebabkan flu
  • Konsumsi minuman hangat
    Saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang, baik melalui ludah, ingus, maupun keringat. Air hangat berfungsi mengurangi hidung mampet, melegakan tenggorokan yang terganggu, dan mencegah dehidrasi. Uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.
  • Istirahat total
    Saat kondisi tubuh kita lelah, sistem kekebalan tubuh kita juga ikut melemah. Di saat itulah virus influensa akan menyerang kita. Sangat disarankan untuk beristirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kita kembali seperti semula.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
    Asupan vitamin dan mineral yang berasal dari konsumsi buah dan sayuran diperlukan tubuh untuk mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Terapi uap tradisional
    Terapi uap merupakan salah satu cara tradisional yang ampuh dipercaya mengatasi flu. Cara terapi uap itu mudah, pertama masukkan air panas ke dalam baskom. Lilitkan handuk di kepala untuk menutupi kepala kita. Setelah kepala ditutupi handuk, tempatkan wajah kita di atas baskom yang telah diberi air panas tadi. Bisa dicampur dengan minyak kayu putih, jahe, kunyit, atau rempah-rempah lainnya untuk hasil yang optimal
  • Mandi dengan air hangat
    Usahakan jangan mandi dengan air dingin apabila kita sedang mengalami flu. Gunakan selalu air hangat pada waktu mandi supaya tubuh kita tetap terasa hangat.
  • Minum campuran madu dan jahe
    Salah satu manfaat madu adalah mengatasi penyakit flu atau pilek. Caranya mudah, parut 2 ruas jahe dan campurkan dengan madu. Minumlah 3 kali sehari.

Demikian beberapa cara efektif mengatasi mengatasi flu yang menyerang kita. Semoga bermanfaat. (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan