Konsultasi dengan Dokter secara Daring

Penetrasi internet di Indonesia sudah semakin masif. Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi pengguna internet di Indonesia mencapai 83,7 juta orang pada tahun 2014. Jumlah ini menjadikan Indonesia peringkat ke-6 terbesar di dunia untuk jumlah pengguna internet. Di perkirakan pada tahun 2016, pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 108 juta orang.

konsultasi-dengan-dokter-secara-daring.jpg

Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia tidak lepas dari terjangkaunya harga gadget atau smartphone dan semakin luasnya jangkauan akses internet oleh operator (fixed ataupun seluler). Peningkatan jumlah pengguna ini dengan jeli dimanfaatkan oleh sebagian perusahaan untuk membuat aplikasi dengan berbagai macam keperluan. Mulai dari penjualan barang secara daring sampai pemesanan alat transportasi secara daring.

Peluang ini juga dimanfaatkan oleh PT Konsula Amarta Nusantara dengan membuat aplikasi Konsula yang berisi Direktori Dokter dan Layanan Konsultasi Kesehatan Keluarga Secara Online. Melalui aplikasi Konsula ini, kita bisa konsultasi dokter hanya melalui hand held alias smartphone dari mana saja dan kapan saja.

Kalau kita perlu berkonsultasi dengan dokter secara langsung, terkadang beralasan lamanya macet, jarak yang jauh, bahkan terkadang takut apabila tahu bahwa kita memiliki penyakit. Dengan adanya aplikasi ini, kita tidak perlu lagi beralasan macam-macam untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

Konsultasi dengan dokter diperlukan agar kesehatan kita tetap terjaga dan kita sebagai pasien mendapatkan informasi yang lengkap tentang kesehatan kita. Dengan mengetahui dengan lengkap informasi tentang kesehatan kita, maka kita bisa mengatur pola makan dan hidup sehat yang benar sesuai dengan kondisi kesehatan kita.

Kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini dalam melakukan konsultasi secara daring menjadikan semua orang bisa dengan cepat menemukan solusi dari keluhan yang di deritanya. Meskipun perlu diingat, apabila diperlukan atau disarankan oleh dokter (daring) untuk bertatap muka secara langsung dengan dokter di fasilitas kesehatan, berarti kita harus tetap datang untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menyeluruh. Jangan sampai kita berpikir setelah konsultasi melalui aplikasi ini, keluhan kita akan langsung hilang. Padahal ada beberapa keluhan yang bisa kita konsultasikan dan langsung ditangani secara daring, tetapi ada juga yang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut bahkan terkadang dengan beberapa pemeriksaan kesehatan lanjutan.

Selain melakukan konsultasi, melalui aplikasi ini, kita juga bisa membuat janji bertemu dengan dokter spesialis untuk cek kesehatan secara langsung tanpa harus takut dokternya tidak berada di tempat. Di aplikasi yang didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia (Primkop-IDI), terdapat banyak dokter yang ikut bekerjasama serta banyak klinik dan rumah sakit yang telah bekerjasama.

Jagalah kesehatan kita selagi sehat, karena apabila sudah sakit, pengobatan yang dilakukan belum tentu mengembalikan kesehatan kita seratus persen. Jaga dan atur pola makan serta rutinlah berolah raga. Salam Sehat Selalu #Ads

Tinggalkan Balasan