Menginstall Paket Debian/Ubuntu 32-bit pada Sistem 64-bit

Sumber: http://josh.rootbrain.com/blog/2009/10/04/menginstall-paket-debianubuntu-32-bit-pada-sistem-64-bit/

Umumnya aplikasi yang disediakan oleh vendor atau developer adalah 32bit, termasuk versi komersial maupun free.  Apakah Sistem atau Komputer dengan arsitektur 64 bit dapat menjalankan aplikasi 32bit ? Jawabnya secara umum Ya.  Sistem 64 bit mampu menjalankan aplikasi 32bit, tetapi perlu diketahui bahwa dengan menjalankan aplikasi 32bit ini pada sistem 64bit, maka ada konsekuensinya yakni performance dan penggunaan resource system kita menjadi tidak maksimal (terbatas pada 32 bit). Contohnya adalah ketika kita menginstall Sistem Operasi Ubuntu i386 (32bit) pada PC/Notebook yang menggunakan processor AMD 64 bit. Tetap saja jalan dengan baik bukan? Tetapi pemanfaatan resource sistem & processor menjadi tidak maksimal, dan ini yang sangat disayangkan. Kita sudah investasi perangkat yang canggih, tetapi tidak menggunakannya kemampuannya dengan baik. Jika menggunakan perangkat berprocessor amd64 bit, sebaiknya kita menggunakan OS dan Aplikasi yang didesign untuk arsitektur sistem 64bit juga, sehingga pemanfaatannya resourcenya dapat maximal.

Permasalahannya adalah bahwa beberapa vendor dan developer sering tidak menyediakan paket aplikasi untuk system 64 bit. Untuk Unix dan Linux (termasuk Ubuntu), hal ini sebenarnya tidak masalah, karena kita sebenarnya dapat menginstall aplikasi 32bit tersebut pada sistem 64bit yang kita miliki. Secara default memang kita tidak diizinkan menginstall aplikasi tersebut. Seperti contoh dibawah ini ketika saya melakukan instalasi paket 32bit pada sistem ubuntu 64bit.

#sudo dpkg -i gerix-wifi-cracker-ng-1.0-bt0.deb
dpkg: error processing gerix-wifi-cracker-ng-1.0-bt0.deb (–install):
package architecture (i386) does not match system (amd64)
Errors were encountered while processing:
gerix-wifi-cracker-ng-1.0-bt0.deb

Tetapi dengan opsi  –force-architecture pada command dpkg, aplikasi tersebut dapat diinstall dan digunakan dengan baik, spt hasil berikut:

#sudo dpkg -i –force-architecture gerix-wifi-cracker-ng-1.0-bt0.deb
dpkg – warning, overriding problem because –force enabled:
package architecture (i386) does not match system (amd64)
Selecting previously deselected package gerix-wifi-cracker-ng.
(Reading database … 112909 files and directories currently installed.)
Unpacking gerix-wifi-cracker-ng (from gerix-wifi-cracker-ng-1.0-bt0.deb) …
Setting up gerix-wifi-cracker-ng (1.0-bt0) …

Saran saya, sebaiknya menggunakan/instal paket yang benar-benar didesign untuk arsitektur sistem kita sehingga resource perangkat dapat digunakan maksimal. Tetapi jika masih tidak menemukan atau kesulitan mengcompile sendiri, baru kita menggunakan cara diatas untuk menginstall aplikasi tersebut.

paling banyak dicari:

  • ng sebaiknya menggunakan (1)

Tinggalkan Balasan