Bimbingan Teknik Matematika


Pada siang tanggal 3 Maret 2010, saya dikejutkan dengan handphone yang berbunyi, lebih terkejut lagi yang menelpon adalah kamad (kepala madrasah). Beliau menyampaikan akan ada Bintek (bimbingan teknik) Matematika di Banjarbaru (tepatnya di SLB C, dekat bundaran Liang Anggang). Waktu pelaksanaan dari hari Sabtu, tanggal 6 Maret 2010 sampai dengan hari Kamis, tanggal 11 Maret 2010.
Hari Kamis siang, saya mengambil surat penunjukan ke Dinas Pendidikan Hulu Sungai Tengah dan melihat yang dikirim untuk mengikuti Bintek tersebut ada 7 orang, 4 orang dari SMP dan 3 orang dari Mts, dengan komposisi 4 orang wanita dan 3 orang laki-laki.
Berangkat hari Sabtu jam 11an, (karena waktu checkin sampai jam 16.00 Wita) dan tiba di SLB C jam 14.00an. Karena pertama kali ke tempat tersebut, agak kesulitan menemukan tempat panitia, yang setelah bertanya dengan orang yang ada di sana, tempatnya berada di bagian belakang komplek SLB C tersebut. (yang disayangkan keterangan tentang keberadaan kantor di bagian belakang tersebut kurang informatif).
Hari pertama (sabtu, 6 Maret 2010), tidak diisi kegiatan selain mendaftar untuk tahu di kamar mana menginap. Sedikit bercerita tentang kamar, satu kamar yang saya tempati di isi oleh 11 orang, bahkan informasi dari kawan yang lebih dahulu datang, sekamar diisi dengan 20an orang. Panitia beralasan karena bangunan untuk penginapan di bagian belakang masih dalam tahap pembangunan (belum selesai).
Pagi Minggu, 7 Maret 2010, saat para pegawai lain bersantai, kami masuk kegiatan dengan materi Lesson Study. Kegiatan tersebut berlangsung sampai hari Senin, 8 Maret 2010.
Baru pada hari Selasa, 9 Maret 2010 dilakukan pembahasan tentang soal-soal matematika yang di UN kan. Sedangkan hari Rabu, 10 Maret 2010 diisi dengan materi cara menganalisis soal UN dengan menggunakan program Anates versi 4 (kata pemberi materi, sudah digratiskan oleh pembuatnya), namun sayang, penjelasan tentang validitas soal berbeda dengan yang didapatkan waktu kuliah.
Waktu tulisan ini diposting, kegiatan masih berlangsung.

Tinggalkan Balasan