Cara instalasi Free Pascal di LinuxMint

Belajar algoritma biasanya diiringi dengan belajar pemrograman Pascal, karena kemudahan dalam mempelajarinya dan terstruktur. Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).

Kompiler yang digunakan untuk belajar pemrograman Pascal ini biasanya Turbo Pascal (dari Borland) dan Free Pascal. Untuk Turbo Pascal, hanya tersedia untuk sistem operasi Microsoft Windows. Sehingga para pengguna linux seperti penulis, bisa menggunakan Free Pascal. Kelebihan Free Pascal adalah bisa digunakan untuk sistem operasi lainnya (Microsoft Windows, MacOSX, dan lain-lain), bisa berjalan pada banyak flatform mesin (Intel x86, AMD64/x86-64, PowerPC, PowerPC64, SPARC, and ARM), dan merupakan aplikasi kompiler dengan lisensi GNU General Public License. (Untuk lebih tahu GNU General Public License, silahkan klik link berikut).

Kembali ke judul tulisan, akan dijelaskan cara instalasi Free Pascal di LinuxMint (cara ini bisa dilakukan pada semua sistem operasi turunan Debian).

1. Buka terminal

2. Ketik pada terminal

sudo apt-get install fp-ide

3. Apabila muncul pilihan (Y/n), bisa ditekan y lalu tekan enter atau langsung menekan enter. Tunggu beberapa saat, sistem akan mengunduh ke sistem repositori.

4. Apabila sudah selesai, untuk menjalankan aplikasi Free Pascal ini, silahkan ketik di terminal

fp

Bagi yang tidak terhubung ke internet, bisa mengunduh aplikasinya melalui link berikut ini.

http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/pool/universe/f/fpc/fp-units-rtl-2.6.0_2.6.0-6_i386.deb
http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/pool/universe/f/fpc/fp-compiler-2.6.0_2.6.0-6_i386.deb
http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/pool/universe/f/fpc/fp-ide-2.6.0_2.6.0-6_i386.deb
http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/pool/universe/f/fpc/fp-ide_2.6.0-6_i386.deb
http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/pool/universe/f/fpc/fp-utils-2.6.0_2.6.0-6_i386.deb
Sumber: http://repo.ugm.ac.id/apt-web

Setelah diunduh semua file tersebut di atas, lewat terminal, masuk ke folder yang berisi file unduhan tersebut, lalu ketikkan

sudo dpkg -i fp*.deb

Silahkan dicoba, semoga bermanfaat.

paling banyak dicari:

  • free pascal untuk linux mint (1)
  • yhs-linuxmint (1)

Tinggalkan Balasan