Cara menggunakan CanoScan LiDE 20 di linuxmint 17

Sudah lama ingin menggunakan scanner CanoScan LiDE 20 di linuxmint (saat itu versi 15 64bit), tapi tidak bertemu caranya yang berhasil dengan baik. Ada cara harus menggunakan aplikasi VueScan yang berbayar. Apabila versi gratisnya, maka akan selalu ada watermark (tanda air) pada hasil pemindaian.

CanoScan LiDE 20

Sore ini ada kawan minta bantuan untuk memindai dokumen-dokumen miliknya dan teman-temannya satu sekolah. Dokumen tersebut cukup banyak, rata-rata per orang ada 20 lembar sampai 30 lembar. Sebenarnya ada scanner (sekaligus printer) mx397, tapi letaknya di luar kamar, biasanya untuk mencetak saja, pakai tali panjang. Dicoba beberapa lembar, harus bolak balik dari kamar menuju scanner.

Akhirnya mencoba kembali menggunakan CanoScan LiDE 20. Coba dicolok ke usb3, tidak bisa dikenali oleh linuxmint (berdasarkan hasil lsusb). Maka dicoloklah ke usb2, akhirnya bisa dikenali oleh linuxmint Cinnamon Qiana 64bit. Tapi masih tidak bisa dikenali oleh aplikasi Simple Scan.

Bus 001 Device 004: ID 04a9:220d Canon, Inc. CanoScan N670U/N676U/LiDE 20

Dicobalah kembali untuk googling dengan kata kunci “canoscan lide 20 di linux” (setelah mencoba beberapa kata kunci lainnya yang tidak membuahkan hasil), bertemulah satu situs (sebenarnya ada beberapa situs yang dilihat) yaitu http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2187661.

Triknya sederhana sekali (kalaunya bisa, sederhana :D), yaitu setelah kita colok ke usb dan dikenali oleh linuxmint, ketikkan perintah berikut di terminal:

usb_modeswitch -v 0x04a9 -p 0x220d -R 

dan setelah ditekan enter, scanner CanoScan LiDE 20 langsung bisa digunakan melalui aplikasi Simple Scan di linuxmint Cinnamon “Qiana” 17 64 bit.

Catatan: belum dicoba apakah setiap mengoneksikan scanner harus selalu mengetikkan perintah tersebut.

paling banyak dicari:

  • cara menghidupkan scanner linux (1)
  • cara menyalakan scan canno lide 20 (1)

Tinggalkan Balasan