Hati-hati Terhadap Penyebab Penyakit Jantung

Salah satu penyakit yang sangat berbahaya di dunia ini adalah penyakit jantung. Di kawasan Asia Tenggara khususnya di Indonesia, pada tahun 2014, angka kematian akibat penyakit jantung tercatat 35% atau sekitar 1,8 juta kasus kematian terbanyak adalah akibat penyakit jantung.

hati-hati-terhadap-penyebab-penyakit-jantung.jpg

Menurut WHO (World Health Organization), pada tahun 2014, penyakit jantung termasuk ke dalam 10 penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penyakit jantung juga menjadi penyebab utama kematian di negara-negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Kanada.

Di Indonesia, penyebab kematian akibat penyakit jantung ada sekitar 35%. Penyakit jantung disebut sebagai silent killer karena tiba-tiba dan tanpa gejala yang jelas si penderita bisa mengalami serangan jantung yang mengakibatkan kematian.

Beberapa penyebab sakit jantung versi tropicana slim diantaranya.

  • Merokok
    Rokok merupakan sumber racun terbesar yang tersedia bebas di pasaran di Indonesia. Menurut beberapa penelitian yang tercatat oleh World Health Organization (WHO) menyatakan setiap 6,5 detik di dunia, satu orang meninggal disebabkan oleh perokok aktif. Diperkirakan seseorang yang merokok aktif selama kurang lebih dari 20 tahun atau lebih, akan meninggal dunia lebih cepat karenya penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak merokok.
  • Stres
    Gaya hidup modern yang serba cepat adalah salah satu penyebab stres. Banyak alasan untuk stres, seperti stess kerja, stres yang berhubungan dengan keluarga, sehat, keuangan, hubungan sosial dan sebagainya yang mempengaruhi kehidupan seseorang baik secara fisik maupun mental. Nyeri dada merupakah salah satu gejala utama stres dan pada jangka waktu lama, nyeri dada menyebabkan penyakit jantung.
  • Obesitas
    Orang yang mengalami obesitas biasanya akan mengalami gangguan pada pompa jantungnya sehingga fungsi pompa jantungnya semakin menurun.
  • Tekanan darah tinggi
    Penderita tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan jantung harus memompa dengan sangat kuat untuk mendorong darah ke arteri, lama kelamaan dinding otot jantung akan menjadi semakin tebal. Sebuah jantung yang membesar abnormal adalah jantung yang tidak sehat karena menjadi kaku dan irama denyutnya cenderung tidak teratur. Hal ini akan menjadikan pemompaan kurang efektif dan akhirnya akan menyebabkan gagal jantung
  • Kolesterol tinggi
    Tubuh kita memproduksi kolesterol, dan juga mendapatkannya dari luar ketika kita makan telur, daging, dan produk susu. Ketika kita memiliki lebih banyak kolesterol daripada yang dibutuhkan tubuh, maka kolesterol dapat menyebabkan plak yang menumpuk pada arteri kita. Plak yang tebal dan keras ini dapat menyumbat arteri kita seperti pipa yang tersumbat, dan berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

paling banyak dicari:

  • catatan kecil penyakit (1)
  • kenapa penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbesae (1)

Tinggalkan Balasan