Mengukur Berat Badan Ideal yang Tepat

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Tetapi tahukah Anda berat badan ideal itu seperti apa? Apakah seperti atlet binara yang memiliki otot menonjol? Ataukah seperti bentuk badan para model yang sering berlenggak lenggok di catwalk?

mengukur-berat-badan-ideal-yang-tepat.jpg

Kita sering bersikap subyektif dalam memandang berat badan yang ideal. Antara kita dengan teman kita belum tentu memiliki persepsi yang sama tentang berat badan yang ideal.

Artikel berikut akan mengupas tentang cara mengukur berat badan ideal yang tepat. Kita bisa menyamakan persepsi tentang berat badan yang ideal dengan kawan kita.

Ada beberapa cara mengukur berat badan ideal, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Cara menghitung berat badan ideal yang pertama
    Caranya adalah:
    Berat Badan Ideal = (Tinggi badan – 100) x 90%
    Misalnya tinggi badan kita 170cm, cara menghitung dengan rumus di atas adalah sebagai berikut:
    (170 – 100) x 90% = 70 x 90% = 63.
    Jadi, berat badan ideal kita adalah 63 kg.Coba hitung berat badan ideal kita. Apabila berat badan kita lebih besar 10% s.d. 20% dari berat badan ideal, berarti kita termasuk kelebihan berat badan.

    Apabila ternyata berat badan kita sebenarnya lebih dari 20% dari berat badan ideal, berarti kita mengalami obesitas alias kegemukan. Sebaliknya, jika berat badan kita kurang dari 10% dari berat badan ideal, maka kita termasuk kategori kekurangan berat badan alias kurus.

  • Cara menghitung berat badan ideal kedua
    Pada cara kedua ini, kita memanfaatkan yang namanya Index Masa Tubuh (IMT). Cara ini baru dikenal di dunia kedokteran, tetapi dikatakan lebih akurat dari cara yang pertama.
    Caranya yaitu:
    Berat Badan Ideal = Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (dalam meter)Misalnya kita mempunyai berat badan 65 kg dengan tinggi 1,65 m, maka berat badan ideal kita adalah:
    65 : (1,65 x 1,65) = 65 : 2,7225 = 23,875.
    Angka 23,875 dicocokkan dengan parameter berat badan di bawah ini.

    • <17 = Anda kekurangan Berat Badan berat
    • 17 – 18,3 = Anda kekurangan Berat Badan ringan
    • 18,4 – 21 = Normal
    • 21,1 – 27 = Anda kelebihan Berat Badan ringan
    • 27,1 – 30 = Anda kelebihan Berat Badan sedang
    • >30 = Anda kelebihan Berat Badan berat

    Dari daftar di atas, kita termasuk dalam kategori kelebihan Berat Badan ringan karena Indeks Massa Tubuh kita adalah 23,875

  • Cara menghitung berat badan ideal ketigaCara ini merupakan cara paling mudah, tapi sayangnya, cara ini tidak terlalu akurat. Caranya adalah dengan mengukur lingkar pinggang kita dengan menggunakan jengkal tangan. Satu jengkal kita biasanya jaraknya 20 cm. Untuk lingkar pinggang wanita, tidak boleh lebih dari 4 jengkal (80 cm), sedangkan untuk laki-laki, tidak boleh lebih dari 4,5 jengkal (90 cm).

    Dengan cara ini, kita bisa dengan mudah mengukur kelebihan dan kekurangan berat badan kita, namun kita tidak bisa menentukannya secara pasti, berapa kurangnya jika kita mengalami kekurangan berat badan, dan berapa kg yang harus kita turunkan jika kita mengalami kelebihan berat badan.

Demikian cara mengukur berat badan ideal yang tepat. Silahkan dipilih salah satu dari cara di atas, atau boleh juga digunakan semua cara di atas. #Ads

paling banyak dicari:

  • tinggi badan 1 65 m (1)

Tinggalkan Balasan