Membuka Password Windows dengan Ubuntu

sumber: http://dikma.web.id/membuka-password-windows-dengan-ubuntu/#more-3579

Sebelumnya saya memposting bagaimana caranya membuka mengetahui password windows dengan menggunakan aplikasi yang bernama PCLoginNow disini. Untuk kali ini saya berbagi informasi bagaimana caranya membuka password windows dengan menggunakan aplikasi Ubuntu.

Harapan saya adalah trik dibawah anda lakukan hanya bertujuan jika anda benar-benar kehilangan password windows anda dan tidak untuk digunakan merugikan orang lain :lol: .

Jika anda menggunakan dual booting ini lebih baik, namun jika anda hanya menggunakan operasi sistem windows saja maka diperlukan booting menggunakan ubuntu live CD ataupun Ubuntu Live USB.

Silahkan cari literaturnya bagaimana caranya membuat booting Ubuntu from USB Drive.

Nah jika kebutuhan utama diatas terpenuhi maka proses membuka password windows denngan ubuntu dapat dilakukan. Berikut  step-stepnya :

  1. Booting Ubuntu anda.
  2. Berikutnya install utility Open Source chntpw.  Untuk menginstall utility ini bisa menggunakan dengan menjalankan Synaptic Package Manager. Proses installasinya membutuhkan koneksi internet. Atau bisa juga melalui terminal dengan mengetikan perintah
  3. sudo apt-get install chntpw

  4. Mount hardisk / drive anda yang berisi instalasi Windows. Panduan proses mount bisa dilihat pada artikel “Tampilkan Drive Windows di Ubuntu“.
  5. Sebagai contoh system windows yang akan di mount adalah berada pada /media/windows/
  6. Buka Terminal dan ketik :
  7. cd /media
    ls
    cd windows
    cd WINDOWS/system32/config

  8. Untuk mengubah password Windows, ketikkan perintah:
  9. sudo chntpw SAM

  10. Akan muncul beberapa opsi yang bisa Anda pilih, opsi paling aman adalah perintah membuat password jadi kosong, maka lakukanlah dengan menekan angka ’1′, lalu tekan ‘y’ untuk konfirmasi.
  11. Pilihan ’2′ adalah untuk mengubah password baru, namun dengan cara ini menurut beberapa sumber sangat tidak disarankan karena memiliki resiko yang cukup besar. [resiko ditanggung sendiri]
  12. Untuk mengubah password user lain (non-administrator), ketikkan perintah berikut (dari Terminal):
  13. sudo chntpw –u [nama user] SAM

  14. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan