Insatalasi Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx di Compaq 515 AMD Athlon X2, ATI Radeon HD 3200

sumber: http://agusenpai.blogspot.com/2010/07/insatalasi-ubuntu-1004-lts-lucid-lynx.html

Instalasi akan susah untuk Lucid Lynx yang sekarang. Aq tidak tahu apakah setelah banyak keluhan yang muncul, perbaikan akan dilakukan.
Langkah instalasi :
  1. Masukan CD installer. Tekan Esc > F9 untuk memastikan booting pertama dari Optical Disk.
  2. Saat layar pertama kali muncul warna ungu, tekan F6 untuk mendapatkan Option instalasi. Pilih Install Ubuntu jika ingin langsung menginstall ubuntu. Pilih Try without Installing Ubuntu jika ingin mencoba live CD terlebih dahulu.
  3. Untuk pilihan Install Ubuntu,lakukan langkah-langkah install ubuntu seperti biasa. Yang perlu diperhatikan adalah saat memilih pertisi yang akan digunakan untuk menginstall ubuntu. Pilih Metode Partisi Manual > Pilih partisi yang akan digunakan > Klik New Partition > (pengaturan yg aq pakai) Pilih ext4, cheklist Format > pilih / > OK. Jika belum ada swap, maka perlu dibuat pertisi untuk swap. Sisakan sedikit ruang untuk Swap > pilih ruang tersebut > pilih New partition > pilih swap > checklist format> OK. Untuk menimpa partisi yang sudah dipakai pada langkah klik New Partition diganti dengan klik Change.
  4. Langkah-langkah berikutnya tidak terlalu susah.
Saat boot pertama kali setelah instalasi, setelah masuk GRUB ubuntu dan memilih boot ubuntu, akan terjadi BLANK SCREEN yang tak akan pernah selesai apapun pilihan yang dipilih saat masuk GRUB ubuntu.
Untuk mengatasi BLANK SCREEN ini yang aq coba lakukan ada beberapa cara:
  1. Masukan CD instalasi, restart > biarkan masuk menu instal ubuntu > pilih Boot From Hard Disk > pilih boot Ubuntu pada GRUB. Percobaan pertama ini berhasil masuk ke Ubuntu Lucid Lynx. Semua fasilitas langsung aq coba. Visual Effect SANGAT SANGAT MULUS digunakan, berbeda saat menggunakan Jaunty. Tampilan Lucid sangat memukau. Bisa dikatakan lebih jernih dari versi-versi sebelumnya,,, Saat shutdown dan mencoba boot ke ubuntu lagi ternyata GATOT alias gagal total… yang keluar adalah BLANK SCREEN meskipun sudah memasukan CD installer sebagai pemicu. Yang jelas metode ini hanya insting saja. Tidak ada teori yang bisa aq kemukakan untuk memperkuat insting ini… ^^
  2. Metode kedua aq dapatkan dari teman. Saat masuk GRUB, pilih option pertama (option umum ubuntu) > klik ‘E’ pada keyboard > ketik acpi=off setelah kata quiet splash > tekan CTRL+X untuk booting ke ubuntu. Ternyata berhasil. Metode ini untuk beberapa kali berhasil aq lakukan. Akan tetapi, masalah masih saja ada…. Masalah baru : Power Management tidak berfungsi dan bermasalah sehingga icon Indicator Battery/Power tidak bisa menampilkan berapa persen tenaga yang masih tersimpan di battery dan berapa lama lagi battery akan penuh saat power AC digunakan serta akibat lainnya fungsi Suspend tidak tersedia, Modem Huawei 3 jadi tidak terdeteksi.
  3. Metode ketiga aq dapat dari beberapa forum di ubuntuforum.org. Saat masuk GRUB seperti metode kedua, yang diketik adalah nomodeset xforcevesa sebelum kata-kata quiet splash. dan tambahkan — setelah quiet splash. Jadi, codenya menjadi >>>> nomodeset xforcevesa quiet splash– . Metode ini berhasil dengan lancar dan masalah pada metode kedua tidak ditemui lagi. Buktinya, saya post catatan ini tepat setelah masuk ke Lucid menggunakan metode ketiga ini.
  4. Metode yang lain,,, belum tahu … heheheh ^^

Hmmm,,, perlu menyiapkan waktu cukup banyak untuk sampai bisa masuk Lucid dengan lancar…

Mungkin pengguna yang lain juga mengalami masalah yang sama dan metode penmyelesaian yang digunakan mungkin saja berbeda dan lebih efektif. Nobody knows… Hwehehehehehe….

Tinggalkan Balasan