Custom Domain blogspot

Di tulisan ini penulis ingin berbagi pengalaman tentang cara merubah custom domain, bukan menggunakan domain utama, tapi hanya subdomain. Dalam contoh ini adalah domain ini (blog.ipulborneo.web.id) yang domain utamanya adalah ipulborneo.web.id.

Langkah pertama adalah, masuk ke cpanel domain kita. Lalu cari pilihan Simple DNS Zone Editor atau Advanced DNS Zone Editor. Pada contoh ini kebetulan penulis memilih Advanced DNS Zone Editor.

Setelah memilih DNS Zone Editor, langsung saja isi pada bagian Add DNS Zone seperti ini:
Name: blog.ipulborneo.web.id (isi dengan subdomain yang anda inginkan lengkap dengan nama domainnya)
TTL: 14400 (isi ini disamakan saja dengan yang lain, jadi isi samakan dengan ini)
Type: CNAME (ganti A dengan CNAME)
Address: ghs.google.com

Lalu klik saja Add Record. Sampai disini, selesai pengaturan di cpanel kita. Silahkan logout/signout dari akun cpanel kita.

Langkah selanjutnya adalah mengatur di akun blogspot kita. Masuklah ke dalam akun blogspot, lalu pilih blog yang ingin kita ubah nama domainnya, pilih saja pengaturan (kalau bahasa inggris berarti Setting).

Di bagian Pengaturan, pilih saja Publikasikan (kalau bahasa inggris berarti publishing). Apabila pengaturan lanjut tidak muncul, maka pilih dahulu pengaturan lanjut. Setelah itu silahkan masukkan nama subdomain yang telah anda bikin di cpanel, pada contoh ini adalah blog.murakataweb.com. Isi verifikasi kata dan pilih simpan setelan.

Setelah muncul pesan sukses, silahkan diklik Lihat Blog (View Blog) dan lihatlah pada bagian url address, apakah blog kita sudah berubah menjadi subdomain yang kita pilih tadi.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan