Menggunakan milis (studi kasus milis palinukan)

Mailing list atau biasa dikenal sebagai milis adalah salah satu cara berkomunikasi di internet yang cukup tua. Milis adalah kumpulan pesan-pesan bersambung yang dibagikan kepada para anggotanya sehingga para anggota bisa ikut serta berpartisipasi memberikan kontribusi terhadap pesan-pesan yang ada.
Berangkat dari pembicaraan di salah satu Cafe di kota Barabai, yang menyatakan beberapa teman masih bingung dengan milis, maka penulis mencoba memberikan langkah-langkah untuk mendaftar pada milis (dalam studi kasus ini milis palinukan) sampai mengirim pesan (baik baru maupun menanggapi pesan yang ada).
1. Langkah pertama adalah dengan mengirimkan email kosong ke alamat palinukan-subscribe@yahoogroups.com2. Bukalah email anda, nanti akan ada konfirmasi, silahkan diklik link yang diberikan.
3. Apabila muncul gambar seperti di bawah ini, maka akun anda telah terdaftar dalam milis tersebut.

4. Silahkan untuk mengirimkan pesan ke milis tersebut melalui email ke alamat palinukan@yahoogroups.com dengan subjek dan isi yang jelas
5. Apabila ingin menanggapi/membalas pesan yang masuk dari milis tersebut, silahkan klik saja tombol reply (atau mungkin balas, dalam versi bahasa Indonesia). Lalu silahkan ditulis apa yang ingin disampaikan/tanggapi.
Sebaiknya sebelum membalas, diedit dahulu pertanyaan/pernyataan sebelumnya apabila diperlukan, biar yang membaca bisa nyaman mengikuti pembicaraan di milis tersebut.
Sekian dahulu tulisan ini, kalo ada kesalahan, mohon dibetulkan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan