Menginstal Modem ZTE MF626 HSDPA di Jaunty atau Karmic

Kebetulan dipinjami kepsek modem ZTE MF626 HSDPA yang dipaket dengan IM2 (bahkan di badan modem cuma ada tulisan IM2), jadi coba langsung dicolok ke usb laptop yang terinstalasi Ubuntu 9.04 (Jaunty Jacklalope). Ternyata setelah lampu modem menyala biru, coba klik kiri pada Network Applet di bagian kanan atas, tidak muncul tanda-tanda modem bekerja. (Kalau modem aktif, maka akan muncul pilihan network pada bagian Mobile Broadband, karena itu yang terjadi kalo handphone Nokia saya dicolokkan sebagai modem).

Akhirnya coba cari di google mobile (karena lewat handphone) dengan kata kunci “ZTE MF626 di ubuntu”. Ketemu beberapa link yang menyatakan harus menginstalasi usb_modeswitch. Karena usb_modeswitch adalah sebuah script yang harus di download, maka diputuskan pergi sebentar ke warnet teman.
Di warnet tersebut, kembali mencari artikel yang telah dibaca sebelumnya lewat handphone, yang berada di forum ubuntu. Karena berbahasa Inggris, maka saya coba menuliskannya kembali dalam bahasa Indonesia. Berikut terjemahan saya beserta beberapa tambahan dan pengurangan sesuai dengan yang saya praktekkan.
1. Download script usb_modeswitch versi terakhir pada halaman http://www.draisberghof.de/usb_modeswitch/ di bagian download.
2. Klik kanan mouse pada file hasil download dan pilih Extract Here.
3. Buka terminal (Applications > Accessoriess > Terminal) dan masuk ke direktori/folder tempat kita mengekstrak file tadi. (misal kita mengekstrak di folder /home/user/Downloads/usb_modeswitch-1.0.5, maka ketik di terminal $cd /home/user/Downloads/usb_modeswitch-1.0.5)
4. Ketikan $sudo make install
Kalau diminta memasukkan password, maka masukkan password user anda.
5. Edit file pengaturan “usb_modeswitch.conf” dengan mengetikkan pada terminal
sudo gedit /etc/usb_modeswitch.conf
6.

paling banyak dicari:

  • lampu modem zte mf626 (1)

Tinggalkan Balasan