Windows VS Linux

Mengapa harus di bandingkan antara Windows dengan Linux????

Kalo menurutku sih, karena Windows itu hanya untuk orang yang punya banyak duit, sedangkan Linux buat orang sepertiku yang ga punya banyak duit. Bayangkan ja, untuk menginstal windows di kompi kita, harus keluar duit 1 juta lebih, belum kalo mau di pasang Microsoft officenya, mending uangnya buat beli laptop saja.
Tapi kata temanku, ga semahal itu, cuma bayar antara 30 ribu sampai 50 ribu, sudah dapat Windows (xp maupun vista) lengkap dengan Microsoft Officenya.
Tapi sayang, dengan uang segitu, kita telah menempatkan barang haram ke dalam kompi kita. Kenapa haram, karena kita telah melakukan pembajakan terhadap program Windows. Kan Bill Gates gak mau beri kita cuma-cuma windows dan officenya, kita harus beli.
Ada lagi teman yang bilang, windows xp miliknya genuine, tapi dia sebenarnya ga beli windowsnya, tapi cuma pakai program yang berfungsi menjadikan windows xp terbaca genuine. Ini aspal, asli tapi palsu, hukumnya juga sama ya haram.
Lalu bagi kita yang ga sanggup beli (lisensi) Microsoft Windows dan Officenya gimana??? Ada banyak solusi yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan linux yang sebagian besar distronya (=distribusi) gratis alias ga bayar, padahal sudah dilengkapi dengan Open Office yang juga gratis.
Jadi sebenarnya kalo membandingkan antara Windows dan Linux, antara lain dari segi harga, linux gratis, tapi bukan berarti ga bagus, bahkan untuk perusahaan-perusahaan besar, solusi yang ditawarkan linux sangat menguntungkan mereka, dari pada mereka melakukan pembelian lisensi microsoft.
Dari segi pembelajaran, microsoft itu hanya memberikan sedikit pembelajaran kepada user/pengguna, kalo linux, kita musti belajar untuk menggunakannya. Tapi ada teman yang nyeletuk, saya kan ga pengen ribet belajar-belajar lagi. Kalo punya duit beli saja Windows, tapi kalo yang ga punya anggaran untuk beli Windows, ya, kita belajar bersama.
Kalo udah punya Windows gimana? Bisa ja diinstall dualboot atau kalo ga mau ribet, pakai ja yang live cd, tapi resikonya, cdrom drive akan cepat aus, jadi mending diinstall dual boot ja.
Mungkin itu opini pribadi saya tentang Windows dan Linux, kepada kawan-kawan silahkan berikan komentarnya dan kalo ada salah persepsi dalam tulisan ini, tolong diberikan pencerahannya.

7 Comments

  1. Anton 21 Maret 2009
  2. Poeboe@84 21 Maret 2009
  3. yusuf 22 Maret 2009
  4. alam 22 Maret 2009
  5. Overclocker 22 Maret 2009
  6. ipulborneo 24 Maret 2009
  7. Yusuf El Fasiry 20 November 2009

Tinggalkan Balasan