Hotspot di sekolah, mungkinkah?

Sebuah hotspot biasanya cuma ada di bandara, hotel berbintang, dan tempat-tempat bonafid lainnya, tapi sayangnya, semuanya biasanya tidak ada yang gratis. Jadi sesuai dengan judul di atas, mungkinkah ada hotspot di lingkungan sekolah dan gratis???

Ternyata itu bisa kita lakukan, asal pihak manajemen sekolah mau berkorban demi kemajuan sekolah dan peserta didiknya. Bukankah sekarang sudah ada proyek Speddy Schoolnet, yaitu pemasangan speddy untuk sekolah-sekolah, yang biayanya ditanggung oleh dinas pendidikan kabupaten. Kata teman yang kebetulan sekolahnya mendapatkan proyek tersebut, biaya yang ditanggung dinas cuma 2 bulan, selanjutnya bayar sendiri, tapi masih murah kok, akses unlimited, biayanya cuma 500ribuan saja.

Lalu, adakah sekolah yang bersedia menyediakan akses internet gratis ke seluruh peserta didiknya, bahkan kalo ada orang luar yang mau akses dengan mendatangi sekolah tersebut, juga bisa akses secara gratis???

Alhamdulillah, di SMK Negeri 1 Barabai, sejak bulan September, sudah dipasang hotspot di lingkungan sekolah. Hotspot ini gratis. Bisa digunakan oleh semua siswa, kebetulan ada jurusan Multimedia, jadi mereka rata-rata menggunakan laptop atau pc yang dilengkapi radio wireless. Akses ini bisa dinikmati sepanjang hari.

Akses internet didapatkan dari proyek Jardiknas, dan diberi bandwith 512kbps, lumayanlah, dari pada tidak ada :kunjihing: . Sampai sekarang, bila anda datang ke SMK Negeri 1 Barabai, masih bisa menikmati koneksi internet gratis.

Sebenarnya masih ada koneksi internet yang juga dari proyek Jardiknas, yaitu di dinas pendidikan Hulu Sungai Tengah, kalo yang ini bandwithnya 2 Mbps. Hanya disayangkan, belum bisa dioptimalkan, padahal awalnya bisa dipancarkan ke sekolah-sekolah yang memiliki radio wireless, tapi sekarang, karena kendala teknis, kadang-kadang saja bisa disalurkan.

Beberapa waktu yang lalu juga ada kantor pemerintah di kota Barabai yang berminat membuka hotspot gratis di depan kantornya, meski cuma sore hari saja, tapi sampai sekarang tidak terdengar lagi kelanjutannya.

Apakah di daerah lain, proyek Jardiknas ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal????

3 Comments

  1. alam 14 Desember 2008
  2. galuhmanulis 16 Desember 2008
  3. Erwein 20 Desember 2008

Tinggalkan Balasan