Mengenal Linux

Pertama kali mengenal linux di awal tahun 2000an (waktu awal kuliah) hanya sebatas mengetahui bahwa ada sistem operasi (GUI) lain selain Ms. Windows. Saat itu memang coba-coba menginstalasi linux (Mandrake 5.0) yang cdnya didapatkan dari sebuah majalah komputer terbitan khusus. Dengan mengikuti panduan yang ada pada majalah tersebut, akhirnya bisa juga linux pertama ke dalam pc.
Tapi sayang, hal itu tidak berlangsung lama, mungkin karena sudah terbiasa menggunakan Ms. Windows (saat itu masih menggunakan Windows 98 SE), juga karena orang-orang di sekitar gak ada yang pakai linux, akhirnya instalan tersebut dihapus dari hardisk, lumayan spacenya bisa untuk yang lain, karena saat itu cuma punya hardisk 10GB.
Terkadang mencoba-coba lagi, bahkan ada yang sampai terformat habis hardisk 🙂
Setelah lulus kuliah dan kerja, ada kawan yang mengenalkan linux ubuntu (7.0) yang katanya bisa minta kirimkan gratis ke rumah kita. Akhirnya coba pesan di shipit.ubuntu.org, kurang lebih 2 minggu sampai ke rumah.
Langsung coba di pc yang ada di rumah (Intel Pentium III dengan memori 196MB) berhasil….
Senang juga bisa bebas dari Bill Gates. Setelah di utak-atik, kebetulan sering menggunakan format chm (bahan bacaan), ternyata tidak didukung oleh Ubuntu, harus di instal dulu, tapi menginstalnya harus lewat internet atau dvd repository. Buyar deh harapan terbebas dari BIll Gates.. 🙂
Setelah beberapa hari menikmati kemudahan (kesulitan mungkin) dengan sistem instal program tambahan di ubuntu, akhirnya pindah lagi deh ke program bajakan… nasib… nasib….

Tinggalkan Balasan