Belajar Cara Belajar

Di dalam kelas, sering kita temukan siswa yang baru semalam diajari, hari ini tidak bisa lagi. Banyak alasan yang diutarakan siswa, mulai dari di sekolah paham, waktu di rumah tidak paham lagi sampai memang siswanya yang tidak paham dari awal.
Belajar cara belajar adalah sesuau yang harus kita pelajari. Banyak orang yang tidak bisa/paham hanya karena tidak bisa cara belajar.
Salah satu pelajaran yang dianggap sangat sulit adalah belajar matematika. Cara belajar matematika harus benar-benar kita kuasai agar matematika tidak menjadi pelajaran yang sangat sulit.
Belajar matematika tidak bisa dipisahkan dengan pensil/pulpen dan kertas. Belajar matematika tidak bisa hanya melihat dan membaca, tapi harus dicoba dan dicoba. Contoh pelajaran yang biasanya dijelaskan guru di kelas, agar ditulis ulang lagi di rumah. Dalam memahami, tidak bisa secara global/keseluruhan, tapi harus langkah per langkah, baris per baris. Dimulai dari baris pertama (yang biasanya soal) sampai dengan baris terakhir (hasil/penyelesaian).
Siswa sering menyebut tidak paham semuanya, karena tidak mau melihat dan berpikir sedikit demi sedikit. Biasanya mereka senang dengan jawaban akhir, tanpa memperhatikan cara/langkah pengerjaan. Kebiasaan
ini tidak lepas dari peran sebagian guru di jenjang sebelumnya yang mengajarkan cara menjawab adalah jawaban akhir saja tanpa langkah. Inilah juga yang terjadi pada saat ujian nasional berlangsung, siswa hanya diminta menghitamkan pilihan yang menjadi jawaban, sehingga siswa yang mendapat nilai tinggi belum tentu memang paham.
Belajar cara belajar sangatlah penting. Pemahaman suatu pelajaran lebih cepat didapatkan dengan cara belajar yang benar.

Tinggalkan Balasan