Mengekspor Hasil UKG ke Format Spreadsheet

Menyambung tulisan sebelumnya tentang pembuatan laporan UKG yang menampilkan data peserta yang sudah ikut UKG lewat web, sekarang kita coba membahas cara mengekspor data hasil UKG tersebut ke format spreadsheet. Kenapa ke format spreadsheet? Karena diminta oleh pihak (pengawas) LPMP data tersebut berupa file spreadsheet.

format spreadsheet

Tampilan Format Spreadsheet

Pada tulisan ini, kita tidak akan membahas masalah pembuatan skrip php untuk ekspor tersebut, tapi kita menggunakan cara lain, yaitu dump database dari server UKG Pengelola yang dimasukkan ke dalam phpmyadmin di komputer kita. Untuk cara menginstal phpmyadmin, silahkan mencari referensi yang sangat banyak di internet 🙂

Langkah pertama adalah melakukan dump terhadap database ukg_tuk di server UKG Pengelola melalui webmin. Jadi, buka dahulu webmin, masuklah ke bagian Server, pilih MySQL Database Server.

spreadsheet-webmin-01

Modul MySQL Database Server

Setelah itu pada bagian bawah, pilih backup database (lihat pada gambar, yang diberi bulatan merah). Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

backup-database

Membackup Database lewat Webmin

Di bagian Backup to directory, pilih saja /tmp atau langsung ketikkan saja disana “/tmp” (tanpa tanda petik). Bila sudah ditentukan direktorinya, langsung saja klik Backup Now (lihat gambar, bagian bawah yang diberi lingkaran merah). Setelah di klik Backup Now, bila berhasil, akan terlihat seperti gambar berikut ini.

backup-database-berhasil

Backup Database Berhasil

Langkah selanjutnya adalah menyalin file database (ukg_tuk.sql) ke komputer lokal. Pilih di bagian Others modul Upload and Download. (Menggunakan file manager pun bisa, tapi tidak dibahas disini). Di bagian File to download, isi saja dengan “/tmp/ukg_tuk.sql” (tanpa tanda petik), lalu klik saja tombol Download (lihat gambar di bawah yang bertanda merah).

upload dan download

Modul Upload and Download

Simpan saja file ukg_tuk.sql yang di download pada folder yang kita tentukan (biasanya di Documents > Downloads).

Langkah selanjutnya adalah beralih ke phpmyadmin pada komputer lokal kita (pastikan webserver dan mysql server sudah berjalan). Ketikkan saja di browser alamat http://localhost/phpmyadmin (apabila pengaturan di tempat Anda berbeda, silahkan disesuaikan). Apabila diminta username dan password, silahkan masukkan sesuai dengan pengaturan ditempat Anda.

Buatlah database baru dengan nama “ukg_tuk” (tanpa tanda petik), lalu klik create (lihat gambar di bawah, maaf, gambarnya dalam bahasa Indonesia).

Buat database

Modul pembuatan database

Masuk ke database yang baru dibuat dengan cara mengklik nama database (ukg_tuk) di sebelah kiri phpmyadmin. Lalu pilih tab import, pilih file ukg_tuk.sql, setelah itu silahkan klik tombol Go dibagian bawah (silahkan lihat pada gambar di bawah ini).

impor database

Modul Impor Database

Apabila berhasil, akan muncul pesan berhasil seperti di bawah ini (kalau bahasa Inggris, berbeda bahasanya :))

impor berhasil

Impor database berhasil

Apabila tidak berhasil alias gagal mengimpor database, coba file ukg_tuk.sql dikompres dengan format .zip dan silahkan di impor kembali.

Setelah berhasil mengimpor database ukg_tuk.sql, sekarang kita langsung masuk ke bagian inti, yaitu mengekspor ke format spreadsheet.

Pilihlah tab SQL, lalu kopikan skrip berikut ini pada kotak yang disediakan (lihat gambar).

SELECT DISTINCT peserta.no_peserta AS No_Peserta,
peserta.nama AS Nama_Peserta,
mpel.nama AS Mata_Pelajaran,
kdata.tgs_tempat AS Tempat_Tugas,
tiket.tgl_mulai AS Waktu_Ujian_Mulai,
tiket.tgl_selesai AS Waktu_Ujian_Berakhir
FROM peserta
INNER JOIN tiket ON peserta.id_peserta = tiket.id_peserta
INNER JOIN kdata ON peserta.id_peserta = kdata.id_peserta
INNER JOIN mpel ON kdata.mpel = mpel.id_mpel
WHERE tiket.sync <> ''
ORDER BY peserta.nama ASC

sql spreadsheet

SQL untuk menampilkan data

Bila sudah selesai diketik/disalin, silahkan klik tombol Go di kanan bawah. Akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Tampilan hasil query

Tampilan hasil query

Silahkan di scroll ke bagian paling bawah hingga bertemu tulisan ekspor (lihat gambar yang diberi kurung), klik satu kali.

Modul Ekspor

Modul Ekspor

Pada bagian Export Method, pilih Custom, dan pada bagian Format, pilih saja Open Document Spreadsheet (karena saya makainya LibreOffice), bagi yang menggunakan excel, bisa memilih CSV untuk data Excel. (lihat gambar). Lalu beri conteng juga pilihan Put columns names in the first row.

ekspor ke spreadsheet

Ekspor ke Spreadsheet

Bila sudah sesuai, klik tombol Go di bagian paling bawah, dan silahkan simpan file spreadsheet ke folder yang diinginkan.

Silahkan membuka file spreadsheet yang telah di unduh tadi dengan aplikasi office yang Anda miliki.

Sekian artikel yang panjang dan banyak gambarnya 🙂 ini, terima kasih.

paling banyak dicari:

  • hasil ukg excel berbeda (1)

3 Comments

  1. ipulborneo 11 Oktober 2012
  2. yazid 11 Oktober 2012

Tinggalkan Balasan