Picik Barandam

Picik barandam adalah sebuah istilah dalam bahasa Banjar yang banyak membantu menyelesaikan masalah komputer. Selain itu, picik barandam. Juga bagus digunakan dalam pembelajaran komputer untuk pemula, tentunya yang bisa (native speaker) bahasa Banjar.
Picik dalam bahasa Banjar berarti tekan, sedangkan barandam dalam bahasa Banjar berarti berendam atau masuk ke dalam air dalam waktu yang lama.
Picik barandam adalah kata majemuk yang berarti penekanan dalam waktu yang lama. Istilah ini sering penulis pakai untuk menjelaskan/memerintahkan untuk mematikan pc/laptop yang bermasalah (takang=hang=tidak ada respon). Sering teman yang menghadapi masalah tersebut menelpon untuk bertanya tentang penyelesaian masalah tersebut pada pc/laptopnya, maka picik barandam adalah senjata ampuh untuk mematikan pc/laptop tersebut.
Selain untuk mematikan pc/laptop, istilah picik barandam juga sering penulis gunakan untuk mengajarkan cara melakukan pemilihan teks (drag) menggunakan tetikus (mouse). Untuk membedakan dengan klik, maka istilah picik barandam cukup ampuh untuk memahamkan siswa tentang cara memilih teks (istilah umum yang sering digunakan adalah memblok teks/tulisan).
Itulah salah satu istilah dalam bahasa Banjar yang cukup berguna dalam bidang komputer. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan