Melinukan laptop Toshiba

Malam kamis, sehabis magrib, seperti biasanya, aku bersiap-siap untuk pergi ke rumah Aldo, anak yang tiap malam selasa dan kamis kuberi les privat matematika. Tapi malam ini, aku tidak lupa mempersiapkan cd ubuntu 8.10 beserta harddisk eksternal yang berisi repositori ubuntu 8.10 dalam bentuk 6 file iso.
Sesampai di rumah Aldo, kami langsung coba oprek laptopnya yang sudah terinstal windows vista original. Tapi menurut keterangan Aldo, Windows Vista miliknya berulah, karena otomatis mengupdate ke induknya, maka windows vista miliknya tidak bisa lagi dibuka.
Di coba dengan membuat partisi lewat gparted dengan cd live ubuntu, tapi ternyata, sudah ada 3 partisi primer dan 1 partisi logikal (1 partisi boot vista, 2 partisi bikinan toshiba), sehingga tidak bisa ditambahkan partisi lagi di primernya. Lalu dicoba di resize juga tidak bisa. Akhirnya setelah menimbang beberapa saat, Aldo merelakan Windows Vistanya untuk dihapus.
Akhirnya, waktu untuk menamatkan riwayat windows vista di laptop Aldo, cukup menegangkan, karena disertai kekhawatiran akan hilangnya data di salah satu partisi (drive D di vista) yang berisi data. Tapi Alhamdulillah, semua berjalan lancar.
Akhirnya ditambahkanlah 3 partisi, swap, partisi ext3jfs untuk /, partisi ext3jfs untuk /home.
Setelah mengikuti beberapa perintah untuk menginstal, akhirnya tinggal menunggu beberapa saat untuk menyelesaikan instalan.
Sambil menunggu ubuntu selesai terinstal, menjelaskan beberapa hal tentang ubuntu kepada Aldo.
Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, ubuntu di laptop Aldo pun siap.

Tinggalkan Balasan