Mengunduh epaper BanjarmasinPost

Membaca koran versi cetak masih banyak dilakukan orang. Tapi kalau membaca versi cetak secara online, mungkin masih sedikit. Banjarmasin Post sebagai salah satu koran besar di Kalimantan Selatan, sudah lama mempunyai epaper (istilah versi cetak secara online) yang gratis. Alamat epaper ini bisa langsung dilihat pada alamat “http://epaper.banjarmasinpost.co.id”. Dokumen epaper banjarmasin post ini berupa format swf, jadi membutuhkan flash plugin pada browser anda.

Dikarenakan pada tempat kerja tidak memiliki akses internet, maka seringkali penulis melakukan unduh di pagi hari (di rumah) untuk dibaca pada waktu santai di tempat kerja. Cara mengunduhnya sebenarnya mudah saja, unduhlah alamat http://epaper.banjarmasinpost.co.id/dok/BP20130317.swf (epaper untuk tanggal 17 Maret 2013). Untuk tanggal yang lain, silahkan disesuaikan dengan format tahunbulantanggal setelah BP dan sebelum swf.

Untuk mempermudah unduh (karena hampir tiap hari melakukan unduh), maka penulis membuat file khusus yang bertugas untuk mengunduh secara otomatis epaper hari itu. Langkah pembuatannya adalah.

1. Buatlah sebuah file pada folder tempat menyimpan file swf epaper, misal dalam contoh ini langsung pada folder home.

2. Isikan file yang dibuat tadi dengan kode berikut:

TGL=$(date +%Y%m%d)
wget -c  http://epaper.banjarmasinpost.co.id/dok/BP$TGL.swf

ket: TGL berfungsi mengambil data tanggal hari ini dengan format yyyymmdd, sedangkan wget berfungsi untuk mengunduh file melalui terminal.

3. Simpan file tersebut dengan nama bpost (sebenarnya terserah anda)

4. Buka Terminal, biasanya langsung masuk ke home folder. Ketikkan:

chmod u+x bpost

ket: chmod berfungsi untuk memberikan hak akses terhadap file, u+x artinya adalah file bpost untuk user boleh dieksekusi.

5. Untuk mengunduh menggunakan script tersebut, buka terminal, ketikkan:

./bpost

ket: ./ menandakan bahwa file bpost itu berada pada folder aktif

Tunggu sampai proses unduh selesai, dan silahkan dibuka file swf pada folder home.

paling banyak dicari:

  • bpost epaper sabtu (1)
  • Download Banjarmasin Post (1)
  • e paper bpost sabtu 1 oktober 2016 (1)
  • epaperbanjarmasinpost (1)

Tinggalkan Balasan