Memindahkan Window Buttons di Ubuntu 10.04

sumber: http://www.bolangunix.co.cc/2010/05/memindahkan-window-buttons-di-ubuntu.html

Ubuntu 10.04 LTS (Long Time Support) baru saja dirilis pada tanggal 29 April kemarin. Lalu apa saja perubahan baru dari Ubuntu 10.04 ini? Salah satu perubahan yang cukup kontroversial adalah pindahnya window buttons ke sebelah kiri layaknya sistem operasi mac os.

Bagi pengguna yang sudah biasa menggunakan window buttons di sebelah kanan tentunya hal ini akan membuat aksesbilitas menjadi kurang nyaman. Mereka harus bisa beradaptasi terlebih dahulu agar terbiasa. Lalu apakah window buttons tersebut bisa dikembalikan menjadi di sebelah kanan? Tentu saja bisa, ikuti saja langkah berikut ini :

Pertama tekan tombol Alt + F2 pada keyboard, maka muncul sebuah jendela Run Application. Kemudian ketikkan gconf-editor dan klik Run.

Setelah sebuah jendela Configuration Editor muncul, klik untuk menuju ke direktori apps > metacity > general.

Lalu ubah value button_layout dengan cara klik 2x untuk mengeditnya. Ganti valuenya menjadi seperti berikut :

menu:minimize,maximize,close

Terakhir klik OK, maka seketika window buttons akan kembali ke sebelah kanan.

Catatan :
Ketika Anda berganti tema di Ubuntu 10.04 ini, maka dengan sendirinya window buttons akan kembali lagi ke sebelah kiri (untuk beberapa tema). Sehingga sangat disarankan untuk tidak terlalu sering gonta-ganti tema karena window buttons akan kembali lagi ke sebelah kiri sehingga Anda harus mengulangi langkah di atas kembali.

Tinggalkan Balasan