Asus X200MA: Netbook Ideal Untuk Komputasi Sehari-hari dengan Portabilitas Tinggi

Asus-X200MA

Dengan bobot yang ringan dan didukung oleh bentuk yang ramping, Asus X200MA memang dirancang untuk mobilitas dan portabilitas tinggi. Kemasan yang bertekstur pada desainnya yang ringkas, memberikan kesan elegan dan mahal, meskipun harganya yang relatif murah. Warna Asus X200MA yang bisa dipilih ada empat macam: gentle black, elegant white, ocean blue, dan hot pink.

Dengan berat yang hanya 1,2 kg, X200MA memang cocok dipakai oleh anak muda (siswa sekolah), atau siapapun yang memerlukan netbook untuk komputasi umum sehari-hari seperti browsing internet, mengetik dokumen, mengecek email, menonton video streaming, bahkan untuk presentasi. Pada Asus X200MA ini sudah dilengkapi dengan konektivitas ke layar yang lebih besar, yaitu port VGA dan HDMI, sehingga kebutuhan presentasi menjadi lebih mudah.

Untuk terhubung dengan jaringan internet, Asus X200MA dilengkapi dengan fasilitas konektivitas ke jaringan port Gigabit Ethernet (lan card) dan wifi b/g/n. Kedua konektivitas ini sangat memudahkan pengguna melakukan aktivitas di kantor atau pun rumah bahkan di tempat umum sekalipun.

Untuk kebutuhan konektivitas data, disediakan juga 3 slot USB, yaitu satu buah slot USB 3.0 dan dua buah slot USB 2.0. Selain itu, disediakan juga slot kartu SD, yang fungsinya tentu bukan untuk menambah ruang penyimpanan, tetapi untuk mempermudah pertukaran file, utamanya penyalinan aneka file foto/vide dari handphone ataupun kamera.

Untuk urusan penyimpanan data, sudah disiapkan sebuah harddisk berkapasitas 500 GB yang sudah pasti sangat memadai untuk menyimpan berbagai jenis file. Karena itulah, tidak diperlukan lagi perangkat penyimpanan eksternal pada Asus X200MA ini.

Pada fitur audio, telinga Anda akan dimanjakan dengan speaker stereo dengan teknologi suara SonicMaster. Teknologi SonicMaster ini, bukan hanya untuk melakukan playback audio dan video, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperkaya tampilan presentasi sehingga pada presentasi bisa disertai dengan suara yang diperlukan. Kualitas suara yang dihasilkan relatif bagus dibandingkan dengan rata-rata netbook biasa yang tidak memiliki fasilitas audio khusus.

Asus X200MA ini dilengkapi dengan layar 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Sesuai dengan resolusi yang tinggi pada layar yang kecil, menjadikannya kurang tajam dalam menampilkan teks yang berukuran kecil. Tetapi untuk urusan menampilkan foto dan video, layar ini sudah memadai. Sudut penglihatan atau biasa dikenal sebagai view angel nya pun juga tidak begitu luas.

Karena layarnya yang bukan touchscreen, maka fungsi touchpad nya dapat menggantikan fungsi navigasi dengan baik. Fitur teknologi multifinger input dan Smart Gesture yang disematkan pada touchpadnya menjadikan touchpadnya berfungsi dengan sangat baik. Urusan scrolling menggunakan dua jari maupun untuk melakukan pembesaran tampilan, touchpadnya cukup nyaman digunakan. Berukuran 10,4 cm x 6,1 cm yang diklaim Asus 41 persen lebih luas dari pada rata-rata netbook berlayar 11,6 inci. Dikarenakan tombol mouse yang menyatu dengan touchpad, menjadikannya sedikit bergetar ketika diketuk, membuatnya sedikit kurang nyaman.

Desain chiclet pada keyboard Asus X200MA cukup nyaman dipakai meskipun tidak selebar keyboard pada notebook yang lebih lebar layarnya. Tetapi bila lama dipakai, sandaran tangannya agak menghangat, terutama yang letaknya di sebelah kanan.

Untuk urusan prosesor, X200MA sudah dilengkapi dengan Intel® Bay Trail-M Dual Core Celeron N2840 yang merupakan prosesor quad-core pada kelas entry level netbook. Prosesor 22 nanometer ini mengalami peningkatan efisiensi dan kinerja pemakaian daya listrik dibandingkan dengan Intel Atom. Bila menjalankan aplikasi biasa seperti office dan browser internet, kinerjanya sudah mumpuni. Hanya perlu diingat, produk ini bukan untuk menjalankan aplikasi atau game yang kompleks.

Sekian review Asus X200MA sebagai bahan bacaan sebelum membeli.

paling banyak dicari:

  • Asus X200MA Netbook Ideal (17)
  • harga Asus X200MA Netbook Ideal (3)
  • apakah x200ma dilengkapi dengan smart gesture (1)
  • Asus X200MA Netbook Ideal Baguskah? (1)
  • netbok untuk sehari-hari (1)
  • teknologi sonicmaster itu stereo atau apa (1)

Tinggalkan Balasan